Bupati Lampung Tengah : Baznas Berikan Peran Secara Kuantitatif dan Kualitatif

Bupati Lampung Tengah : Baznas Berikan Peran Secara Kuantitatif dan Kualitatif

Senin, 02 Desember 2019, 14:43

LAMPUNG TERDEPAN - Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto datangi Kampung Sidoharjo Kecamatan Selagai Lingga dalam bentuk kunjungan kerja dengan agenda pendistribusian Zakat, Infaq dan Sodaqoh berupa 200 paket sembako, 42 ekor kambing untuk 20 KK, 2 unit program bedah rumah, dan bantuan peralatan pendidikan untuk 10 orang. (02/12/19)

Loekman menjelaskan bahwa bantuan tersebut merupakan kerjasama antara pemerintah daerah dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lampung Tengah untuk kesejahteraan masyarakat. Dalam kesempatan itu, Loekman juga menyampaikan bahwa peran dan kontribusi Baznas kepada masyarakat, khususnya umat Islam, tidak hanya dalam ukuran kuantitatif, tetapi juga secara kualitatif.

“Baznas memiliki peran menyebarkan nilai-nilai zakat di tengah masyarakat yakni nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Allah disamping tetap meningkatkan etos kerja, etika kerja dalam mencari rejeki yang halal dan baik, serta nilai-nilai zakat yang terkait dengan pembangunan karakter manusia, sebagai insan yang memberi manfaat bagi sesama” jelasnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga pola hidup bersih dan sehat. Saat ini Pemerintah Daerah Lampung Tengah terdapat program kerja Jemput Sakit Pulang Sehat, sehingga diinformasikan kepada masyarakat di Kecamatan Selagai Lingga yang sakit dan tidak mampu berobat, atau tidak memiliki BPJS, segera laporkan kepada pihak Puskesmas dan pemerintahan kecamatan. Supaya tindakan cepat dan tepat bisa dilakukan.

Sementara itu, Ketua Baznas Lampung Tengah H. Sutrisno mengemukakan bahwa Baznas telah beberapa kali melakukan pendistribusian zakat, infak dan sedekah di Kecamatan Selagai Lingga. “Alhamdulillah sejak Pak Bupati Loekman turun tangan dalam menggali zakat, Baznas dapat mengumpulkan 220 jutaan rupiah per bulan, sementara sebelum Pak Bupati turun tangan, kami hanya bisa mengumpulkan 30 juta rupiah perbulan” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lampung Tengah juga melaksanakan agenda lainnya, yaitu peresmian Stadion Mini Kampung Gedung Harta, pembinaan sektor kesehatan, pembinaan sektor pemerintahan kampung, pembinaan Linmas, pembinaan sektor pendidikan, pembinaan sektor pertanian, serta tatap muka dengan tokoh agama dan adat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto, Ketua TP. PKK Lampung Tengah Ellya Lusiana, Anggota DPRD Lampung Tengah Hakki, Ketua Baznas Lampung Tengah H. Sutrisno, Staf Ahli Bupati Lampung Tengah Eko Dian Susanto, Camat Selagai Lingga Wagiyo, para Kepala Kampung se-Kab. Lampung Tengah dan sekitar 1.000 orang masyarakat.

TerPopuler