Hari Tani Nasional, ini bunyi pernyataan sikap GMKI Bandar Lampung

Hari Tani Nasional, ini bunyi pernyataan sikap GMKI Bandar Lampung

Jumat, 25 September 2020, 09:22

 


Pernyataan sikap GMKI Cabang Bandar Lampung  dalam rangka peringatan Hari Tani Nasional.

Ketua Cabang GMKI Bandar Lampung Ranto Pasaribu menuntut Pemerintah Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin untuk mengimplementasikan Reforma Agraria seutuhnya sebagai yang tercantum dalam Nawa Cita yang memasukkan reforma agraria dan kedaulatan pangan sebagai program prioritas Pemerintahannya.


Lambatnya implementasi reforma agraria sesuai UUPA 1960 dan belum dijalankannya reforma agraria sejati di Indonesia berdampak pada konflik-konflik agraria di Indonesia, baik itu konflik lama maupun konflik yang baru muncul. UUPA 1960 merupakan spirit dan menjadi dasar dalam upaya perombak struktur agraria Indonesia yang timpang dan sarat akan kepentingan sebagian golongan akibat warisan kolonialisme di masa lalu.

 

"Konflik agraria yang berkepanjangan dan tidak segera ditangani secara serius akan menghambat terwujudnya reforma agraria sejati dan juga berpotensi mengancam stabilitas maupun integrasi nasional", Kemudian Ranto Pasaribu mengajak seluruh pihak untuk berperan aktif dalam penyelesaian konflik agraria. "Mandat kami mengajak semua pihak untuk duduk bersama," tegasnya 


Annes Sihombing Kabid Aksi dan Pelayanan GMKI Bandar Lampung menyampaikan agar Pemerintah menindak tegas oknum yang melakukan diskriminasi hukum, praktik-praktik penggusuran yang disertai kriminalisasi dan bentuk-bentuk pelanggaran terhadap hak asasi yang masih menimpa para petani, buruh sampai dengan masyarakat adat.

 "Kami juga mendesak  Pemerintah membatalkan Omnibus Law (RUU Cipta Kerja) karena pasal-pasal pada Omnibus Law (RUU Cipta Kerja) justru memuat ketentuan-ketentuan yang bertentangan dengan UUPA 1960".

 “Kami juga meminta Pemerintah Pusat secara khusus melalui Pemprov Lampung memudahkan akses permodalan untuk para petani, menstabilkan harga produk pertanian, serta melengkapi sarana produksi/teknologi produksi pertanian melalui realisasi Kartu Petani Berjaya sesuai dengan janji Gubernur”. tutupnya.

TerPopuler