Puluhan WN China Diamankan Terkait Penipuan di Indonesia

Puluhan WN China Diamankan Terkait Penipuan di Indonesia

Rabu, 27 November 2019, 12:28


LAMPUNG TERDEPAN - Tim gabungan Polda Metro Jaya menangkap puluhan Warga Negara China dari beberapa lokasi di Jakarta dan Tangerang, salah satunya di rumah mewah di di Blok C/13, Jalan Anggrek Neli Murni II, Slipi, Jakarta Barat. Para pelaku menjadikan Indonesia sebagai 'markas' untuk menipu warga di negaranya sendiri.

Dirangkum detikcom, penangkapan puluhan WN China ini diawali adanya informasi dari Kedutaan Besar China terkait adanya sindikat penipuan di Indonesia. Disinyalir, para pelaku melakukan aksinya di beberapa kawasan di Jakarta, Tangerang bahkan di Malang, Jawa Timur.

"Kedutaan Besar China menginformasikan adanya jaringan tindak pidana fraud communication yang ada di Indonesia," jelas Kombes Iwan kepada wartawan di Slipi, Jakarta Barat, Senin (25/11/2019).


Polisi kemudian membentuk tim untuk melakukan penyelidikan. Polisi kemudian menganalisis data-data hingga akhirnya menemukan posisi para pelaku yang tersebar di beberapa lokasi di Jakarta Barat, Jakarta Utara, Tangerang hingga Malang, Jawa Timur.

"Tujuh lokasi para pelaku ini diketahui, 6 di antaranya di kawasan Jakarta dan Tangerang. Sedangkan 1 lokasi lainnya ada di Malang, Jawa Timur.


Dari 6 lokasi di kawasan Jakarta dan Tangerang, total ada 66 WN China yang diamankan polisi. Sejumlah barang bukti seperti komputer, handphone, paspor disita dari para pelaku.

Iwan melanjutkan, saat ini pihaknya masih melakukan pengembangan terkait kasus tersebut. Polisi juga masih mendalami apakah para pelaku dari 7 lokasi itu masih saling berkaitan.

Sementara ini, polisi juga masih mencari tahu mengapa mereka menjadikan Indonesia sebagai 'markas' untuk melakukan penipuan.

"Ya itu nanti akan kita cek dari hasil pemeriksaannya," jawab Iwan.


Sumberhttps://news.detik.com/berita/d-4798191/indonesia-jadi-markas-penipuan-puluhan-wn-china

TerPopuler