Kabasarnas Tinjau Ops Lilin 2019 dan Tahun Baru 2020 di Lampung

Kabasarnas Tinjau Ops Lilin 2019 dan Tahun Baru 2020 di Lampung

Sabtu, 21 Desember 2019, 15:31

LAMPUNG TERDEPAN - Kepala Badan SAR Nasional (BASARNAS) Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, Direktur Operasi dan Latihan Basarnas Brigjen Bambang Suryo Aji dan Direktur sarana dan prasarana Basarnas Brigjen Yuri A tiba di Dermaga VI Bakauheni Lampung Selatan dengan menumpang Helikopter 1301 dalam rangka kunjungan kerja pengecekan persiapan Pos Pam Ops Lilin 2019 dan tahun baru 2020 di Lampung. (21/12/2019)

Kabasarnas disambut oleh Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto, Kasrem 043 /Gatam Letkol Czi Letkol Mulyadi, Asisten 3 Pemprov Lampung Candra, Perwakilan Danlanal  Letkol Mar Ambrulah Adriansah, Kapolres Lamsel AKBP Edi Purnomo, Dandim 0421/LS Letkol Kav Robinsin Oktovianus Bessie, Kabasarnas Lampung Jumaril, GM ASDP Bakauheni Lamsel Hasan Lesie, Manager Operasional PT. ASDP Cabang Bakauheni Sugeng Purwono, Kepala Pos Siaga Pencarian dan Pertolongan SAR Lampung Selatan Feriansyah, Wadan Brigif Letkol Mar Abidin, Perwakilan Dan Lanud Mayor M. Yusub,  Kepala Cabang PT Jasa Raharja Persero Lampung, dan Perwakilan Kepala Dishub Lampung.

Kabasarnas Lampung Jumaril menyampaikan Basarnas Lampung Selatan memiliki personel berjumlah 91 orang, disiagakan berjumlah 51 personel khususnya di Lampung Selatan dan sisanya di kantor dan wilayah lainnya. 51 personil tersebut terbagi ke 8 posko yakni Pelabuhan Bakauheni, Tol KM 87 Kotabaru, Bandara Radin Inten II dan objek wisata Pantai Ketapang, Kalianda serta Posko Mobil di Pelabuhan Panjang. “Setiap posko kita siagakan 8 orang dan di pelabuhan Bakauheni sendiri 12 orang” jelasnya. 

Jumaril menambahkan, “Basarnas juga sudah menyiagakan helikopter dan kapal penyelamat KN SAR Basudewa selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di pelabuhan Bakauheni.  Selain itu, RIB 02 Lampung, perahu karet, dan dua set peralatan selam juga disiagakan untuk pengamanan di pelabuhan tersibuk tersebut. Helikopter milik Basarnas siaga di Pelabuhan Bakauheni mulai Jumat sampai Minggu 20-22 Desember 2019. Sedangkan lainnya siaga sampai 5 Januari 2020” ujarnya.

Sementara itu Kabasarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito dalam arahannya, mengingatkan jajaran Basarnas Lampung untuk tetap fokus dalam melakukan penanganan terutama di tempat-tempat wisata dan rawan bencana. “Kita agar fokus di jalan darat, laut, udara, tempat-tempat wisata dan lokasi rawan longsor. Maka, perlunya sinergi TNI, Polri dan Pemerintah Daerah, karena tanpa bantuan mereka kita tidak bisa sendiri” tegasnya.

TerPopuler